728x90 AdSpace

Latest News
Monday, November 16, 2015

Modal Nekat, Mulyadi Kini Memiliki 50 Anak Buah

Bosan Jadi Pegawai Pabrik

Bosan Jadi Pegawai Pabrik, Mulyadi Kini Memiliki Keuntungan 30 Juta Sebulan

Bosan menjadi pegawai pabrik furnitur, membuat Mulyadi harus memutar otak mencari peluang usahanya sendiri. Tapi keinginannya tersebut tidak tercapai secara cepat. Hingga pada tahun 2005, saat ia sedang berjalan-jalan di sekitar pantai Jepara, Jawa Tengah, Mulyadi melihat sampah cangkang kerang yang berserakan. Sesampainya di rumah, Mulyadi masih tetap mencari ide dan memutar otak untuk mengolah cangkang kerang tersebut. Beberapa saat kemudian ia pun mendapatkan ide yang dimana cangkang kerang tersebut ia gunakan untuk dijadikan hiasan lampu.
Mulyadi yang awalnya sudah pernah bekerja sebagai karyawan furnitur akhirnya memulai membuat hiasan lampu dari cangkang kerang tersebut dengan merangkai kemudian memotong dan menggergajinya hingga sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Setelah itu, ia melapisi cangkang tersebut dengan power coating sehingga cangkang kerang tersebut terlihat lebih mengkilap dan bertekstur kasar. Proses selanjutnya yaitu, direkatkan dan dibentuk layaknya tutup lampu. Setelah tutup lampu tersebut jadi, Mulyadi menitipkannya ke toko/perusahan furnitur yang ada di Jepara.
Setelah menanti selama sebulan akhirnya Mulyadi pun menerima telepon, dimana telepon itu merupakan orderan untuknya. Orderan yang ia terima pun 700 buah tutup lampu kerang. Mulyadi menyanggupinya dan mulai meminta bantuan dari para tetangganya untuk membantunya mengerjakan pesanan tersebut. Sebagian ada yang mencari cangkang kerang dan sebagian lagi ada yang mengelolanya.

Mulyadi mengatakan, bahwa untuk menyelesaikan satu buah tutup lampu cangkang kerang dibutuhkan waktu hingga lima hari. Akhirnya ia pun memutuskan menambah orang untuk membantunya dan menyelesaikan pesanan tersebut. Selain itu karena pekerjaan sebelumnya menjadi karyawan pabrik furnitur, Mulyadi bisa menciptakan ide desain lainnya.

Kerja Keras dan Kesabaran Membawa Hasil

Mulyadi yang berawal hanya iseng karena merasa bosan jadi pegawai pabrik furnitur dan membuka usahanya sendiri sebagai pengrajin cangkang kerang pun akhirnya membuahkan hasil. Dengan modal nekat dan pengalamannya, Mulyadi pun bisa menciptakan hal lain dari cangkang kerang. Setelah pesanan 700 buah tutup lampu cangkang kerang, Mulyadi pun membuat motivasi lain. Dimana cangkang kerang tersebut ia gunakan sebagai aksesoris maupun kerajinan lainnya. Misalnya seperti, hiasan meja, cermin ataupun hiasan lainnya. Karena tingkat kebutuhan naik, Mulyadi pun bisa mendapatkan limbah cangkang kerang dari berbagai daerah seperti, Madura, Jepara, Surabaya dan Lampung. Dalam satu bulan Mulyadi mengatakan, bahwa usahanya membutuhkan tiga ton cangkang kerang.

Saat ini pula Mulyadi sudah memiliki 50 pegawai. Pegawai-pegawainya tersebut pun mampu membantu Mulyadi mengerjakan semua pesanan yang berdatangan. Selain itu dengan kesan yang unik pemesanan pun semakin berdatangan dan meningkat. Harga yang dibanderol Mulyadi pun sekitar 300 ribu hingga 5 juta rupiah. Sedangkan untuk 1 set furnitur kerang Mulyadi membanderolnya dengan harga 15 juta rupiah. Sehingga setiap bulannya Mulyadi bisa mendapatkan omset/keuntungan sebesar 30 juta rupiah.

Buah dari hasil kerja keras Mulyadi pun akhirnya terbayarkan. Hebatnya, pesanan yang diterimanya tidak hanya datang dari dalam negeri saja, melainkan berdatangan juga dari negara besar seperti Spayol, Amerika Serikat, Inggris, Australia, Korea Selatan, hingga India. Selain itu Mulyadi juga melakukan berbagai promosi seperti mengikuti pameran furnitur International Furniture & Craft Fair Indonesia (IFFINA) 2011 di Jakarta International Expo, Kemayoran. Tidak hanya itu saja, Mulyadi saat ini sudah memiliki tiga gerai, salah satunya terletak di Gandaria City yang merupakan kawasan elite di Jakarta.

Terimakasih kepada para pebisnis hebat yang sudah meluangkan waktunya untuk sekedar berkunjung maupun yang sudah baca artikel ini sampai tuntas. Semoga isi dari artikel ini bermanfaat dan bisa menginspirasi Anda.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Modal Nekat, Mulyadi Kini Memiliki 50 Anak Buah Rating: 5 Reviewed By: Dery