728x90 AdSpace

Latest News
Monday, November 16, 2015

Sifat yang Harus Dihindari Para Pengusaha

 

Bosan jadi pegawai ingin jadi pengusaha

Bosan jadi pegawai ingin jadi pengusaha mungkin dirasakan oleh orang-orang yang berstatus pegawai namun merasa tidak nyaman dalam bekerja di perusahaan tempat bekerja sekarang karena berbagai alasan. Jika benar-benar ingin mengundurkan diri sebagai karyawan, mungkin beralih menjadi pengusaha jadi pilihan tepat.

Namun, jadi pengusaha itu tidak gampang. Banyak orang mempunyai mimpi membangun usahanya sendiri dan kemudian menggapai sukses. Akan tetapi dalam perjalananya tak sedikit yang gagal, dan ada pula yang meraih keberhasilan.

Kegagalan itu sejatinya bisa muncul dari diri Anda sendiri. Tak peduli seberapa besar semangat Anda untuk membangun bisnis, beberapa kebiasaaan buruk yang Anda lakukan bisa membuat bisnis bangkrut di tengah jalan.

Dan berikut beberapa sifat buruk yang bisa membuat pengusaha jatuh dalam kegagalan.
Mencari alasan: Tidak sedikit orang yang menderita kegagalan lantaran kerap kali membuat alasan. Biasanya alasan yang paling umum digunakan saat tak mampu menggapai tujuan ialah kehabisan waktu.

Sering menyalahkan orang lain: Jangan pernah menyalahkan pihak lain ketika menemui kegagalan apapun profesi Anda, mau itu pengusaha atau pejabat. Bila hal itu dilakukan, niscaya keberhasilan takkan pernah mampu diraih.

Malas: Mustahil bisa memperoleh keberhasilan atau kesuksesan bila di dalam diri Anda masih tertanam rasa malas. Orang yang gagal ialah orang yang pemalas. Sifat tidak mau bekerja keras pun bisa membawa Anda ke jurang kegagalan.

Ragu dalam mengambil keputusan: Jadi pengusaha itu mesti yakin, jangan ragu dalam mengambil keputusan. Memang dalam mengambil keputusan dibutuhkan informasi yang tak sedikit, namun bila terlalu lama menentukan keputusan bisa menghambat perkejaan lainnya.
Terlalu percaya diri: Percaya diri itu bagus dan amat dibutuhkan. Tapi, jika memiliki rasa percaya diri yang berlebihan, itu tidak bagus. Terkadang kegagalan seorang pebisnis disebabkan oleh rasa percaya diri yang terlalu.

Satu kisah singkat dari Mulyadi, pengusaha hiasan kerang, mungkin bisa memberikan inspirasi bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis.
Mulyadi adalah pengusaha hiasan kerang yang bisa dibilang sukses. Sebelum terjun ke bisnis ini ia adalah seorang pegawai di pabrik furnitur.

Ia mendirikan usahanya itu pada tahun 2005. Ide bisnis hiasan kerang itu muncul setelah melihat bekas kerang berserak hanya jadi sampah di sekitar pantai di Jepara.
Selain memproduksi hiasan lampu dari kerang, Mulyadi pun memproduksi hiasan cermin dan hiasan lainnya. Semua produksinya berbahan dasar kerang, bahan yang jadi sampah di kotanya, Jepara.
Hasil kreasinya sudah diekspor ke berbagai negara di ataranya Amerika Serikat dan Korea Selatan serta sejumlah negara lainnya.

Mulyadi sudah mempunyai puluhan karyawan serta memiliki berbagai gerai, salah satunya di Jakarta. Ia bisa meraup untung Rp20 juta hingga Rp30 juta dalam satu bulan.
Satu hal yang mesti diketahui, kesuksesan tidak begitu saja diraih oleh Mulyadi. Ia melakukan kerja keras untuk menggapai keberhasilan dalam bisnisnya.
Guna menambah pengetahuan dan tips mengenai bisnis, cobalah baca buku-buku mengenai bisnis. Dan berikut rekomendasi buku yang wajib dibaca oleh calon pengusaha atau yang sudah jadi pengusaha.

First Thing First: Buku karangan Stephen R. Covey ini berisi tentang kemampuan manusia untuk melakukan sesuatu. Di dalam buku ini berisi bagaiamana cara manusia bisa menguak produktifitas yang dimiliki dan pesan yang dipunyai buki ini adalah memanfaatkan waktu yang dipunyai supaya maksimal.

Choose Yourself! Adalah buku gubahan James Altucher yang berisi tentang pemantapan para pengusaha dalam mengambil keputusan dan apa yang dilakukan setelah perusahaan tersebut menurun atau berkembang dengan gmilang. Di buku ini pun bercerita tentang lika-liku menemukan serta mencintai apa yang dipunyai serta apa yang menjadi kewajiban seorang pengusaha.
Semoga artikel di atas bermanfaat.

Terimakasih kepada para pebisnis hebat yang sudah meluangkan waktunya untuk sekedar berkunjung maupun yang sudah baca artikel ini sampai tuntas. Semoga isi dari artikel ini bermanfaat dan bisa menginspirasi Anda.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

8 comments:

  1. penuh tantangan menjadi seorang pengusaha namun harus ada niatan untuk bisa sukses

    ReplyDelete
  2. Mantap gan artikel nya sangan bagus,ya inti nya sih jalan tidak selalu lurus,banyak lika liku kehidupan apa lagi dalam usaha

    ReplyDelete
  3. Jadi pengusaha memang harus bersabar.. Tidak dapat langsung jadi sukses..

    ReplyDelete

  4. segala sesuatu emang gak bisa istant harus perlahan-lahan tapi pasti.

    ReplyDelete
  5. Nice post, sangat memotivasi saya.

    ReplyDelete
  6. masukkan aja nih coba dikasih numbering di setiap poin2 nya biar lebih mantaps artikelnya :D

    ReplyDelete

Item Reviewed: Sifat yang Harus Dihindari Para Pengusaha Rating: 5 Reviewed By: Dery