728x90 AdSpace

Latest News
Thursday, December 3, 2015

6 Cara Menabung 500 Ribu Tiap Bulan

Salam Sejahtera bagi Kita Semua, dikesempatan kali ini coretcoretankita.blogspot.com ingin coba  kasih sedikit informasi untuk Anda yang sedang ingin berencana menghemat pengeluaran dan menyisihkan sebagian dari gaji Anda tiap bulannya.

Godaan jaman sekarang mah memang bisa datang dari mana-mana, baik itu dari luar maupun dari dalam diri kita sendiri. Kita Sebut saja dari ajakan teman untuk menjajal berbagai makanan baru, kafe baru yang hits dan Instagramable di kotamu. Atau bisa datang dari godaan online shop yang barangnya lucu sehingga Anda tergiur untuk mendapatkan barang yang sebetulnya ketika Anda beli, kemudian beberapa hari barang yang anda beli menjadi pajangan atau barang usang yang memenuhi isi rumah Anda. Intinya sih Anda harus benar-benar yakin, dan benar-benar mempunyai pendirian yang kuat agar kamu bisa punya tabungan, atau minimal sisa gaji kamu bisa tersisa tiap bulannya.

Buat anak umur 20-an macam kita berhemat 500 ribu per bulan adalah nominal yang masih bisa dibilang masuk akal. Kali ini coretcoretankita.blogspot.com sengaja mengumpulkan tips-tips biar keinginan hemat 500 ribu Anda ini bisa terwujud dan memiliki dompet yang tebal hehe.

1. Duduk sejenak dan catat dulu pengeluaran rutinmu. Kemudian tentukan apa yang bisa dipangkas dari situ



Sebelum memulai penghematan, kamu harus tahu dulu nih, apa-apa saya dan yang mana saja bisa dipangkas, walaupun hanya sedikit. Sebab asal pangkas tidak akan membuat hidupmu jauh lebih mudah.

Agar lebih mudah, bagi pengeluaranmu dalam beberapa kebutuhan :

  1. Kebiasaan Makan sehari-hari
  2. Tagihan tetap (listrik, kost, atau cicilan)
  3. Belanja bulanan
  4. Transportasi
  5. Pulsa
  6. Kebutuhan lain
Nah, setelah semua telah kita ketahui kebutuhan mana saja yang jadi pengeluaran terbesarmu, baru deh kita memulai mempersiapkannya untuk sedikit memangkas nominal pengeluaran pada setiap kebutuhan-kebutuhan itu.

2. Lebih baik investasi kecil untuk beli rice cooker. Cuma beli lauk saja lumayan kan bisa bikin kamu lebih hemat :) 


Kisaran harga nasi plus lauk pauk di beberapa kota besar bisa mencapai 20 sampai 25 ribu rupiah. Nah, 5-7 ribu dari nominal itu adalah harga nasi. Hmmmm padahal agak gak mungkin kan makan tanpa adanya nasi hehe ?

Agar rencana menabung berjalan lancar tanpa perlu sakit-sakitan, pangkas uang membeli nasi ini dengan berinvestasi untuk membeli ricecooker. Alhasil dalam waktu sebulan kamu sudah bisa berhemat kok sebesar Rp 150.000,00-Rp 210.000,00 per bulannya.


3. Uang bensin tanpa kita disadari bisa menggerogoti penghematanmu. Wajib hukumnya pilih mobil yang gak cuma nyaman, tapi juga hemat!


Untuk urusan pengeluaran bensin sudah wajib hukumnya kamu harus BERHEMAT. Mengapa,, Sebab pengeluaran ini jenis pengeluaran tetap. Coba deh hitung tiap bulan berapa uang yang telah habis untuk pengeluaran bahan bakar. Buat kamu yang naik mobil Rp 400.00,00-Rp 500.000,00 sudah masuk nominal yang pantas.

Nah, demi menyelesaikan penghematan wajib hukumnya buat kamu memilih kendaraan yang gak cuma nyaman, tapi juga hemat atau bisa juga dengan memakai angkutan umum yang otomatis lebih sedikit murah dibandingkan harus mengeluarkan uang untuk membeli bensin puluhan ribu tiap harinya.


 4. Ingin keluar untuk nongkrong-nongkrong ? Boleh kok kalau kamu tetap mau nongkrong atau ngopi-ngopi :). Tapi sebelumnya tetapkan dulu fixed budgetmu :)


Salah satu hal yang bikin pengeluaran kamu jebol adalah kebiasaan kamu mengeluarkan uang dengan enteng untuk hal-hal yang kelihatannya kecil. Sebut saja buat untuk ngopi-ngopi atau ngemil di kafe. “Halah…cuma 30 ribu atau 5o ribuan kok.” begitu kan pikirmu hehe.

Tapi coba deh kalikan 50 ribu biaya ngopi-ngopi dengan 4 kali dalam sebulan. Hmmm Sudah 200 ribu kan.... Bayangkan kalau agenda ini terjadi lebih dari cuma setiap akhir minggu. Sadar gak sadar, uangmu akan jebol atau habis di situ….

Agar kamu tidak terjebak lingkaran uang habis di ngopi-ngopi coba deh tetapkan fixed budget buat nongkrong. 100 ribu sebulan terdengar cukup masuk akal bukan?
 


5. Gak usah beranggapan bahwa diri anda paling sibuk sedunia deh. Kamu gak butuh-butuh amat kok untuk pake jasa laundry.


Mengernyitkah keningmu saat membayangkan harus mencuci baju sendiri? Atau merasa gak punya waktu atau kekurangan tenaga untuk melakukannya? Perasaan seperti ini nih yang sering membuat kita merasa wajar melakukan pengeluaran yang sebenarnya kurang dibutuhkan.

Sebenarnya kamu gak sibuk-sibuk amat, kok. Menyisihkan beberapa jam di akhir Minggu untuk mencuci gak akan membuat kamu jadi orang yang paling merana sedunia. Dan dengan memangkas pengeluaran laundry kamu sudah bisa menghemat minimal 300 ribu sebulan bukan ?
 


6. Cara menabung berdasarkan nominal uang bisa bikin kamu berhemat. Tetapkan saja nominalnya, mulai dari 10 ribu sampai 20 ribu — pokonya terserah kamu deh!


Susah menabung karena selalu tergoda membelanjakan uang untuk hal-hal yang gak begitu penting? Menabung dengan nominal uang bisa jadi cara yang tepat buat kamu. Mulai sekarang tetapkan nominal uang yang akan secara otomatis masuk ke tabunganmu. Let’s say, setiap bertemu uang 10 ribu kamu akan langsung menabungnya. Atau setiap bertemu uang 20 ribu kamu berjanji akan langsung memasukkannya ke tabungan.

Dengan begini mau gak mau kamu terpaksa memasukkan uang ke tabungan setiap hari. Gak ada alasan lagi.






Selamat Menabung Guyss ...... ^^
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

3 comments:

  1. wah nice share gan, kebetulan akhir2 ini saya boros banget

    ReplyDelete
  2. ane udah nerapin nabung sesuai nominal gan :D,dan hasilnya lumayan

    ReplyDelete
  3. mantap gan, kebetulan ane mau nabung, jadi infonya berguna banget

    ReplyDelete

Item Reviewed: 6 Cara Menabung 500 Ribu Tiap Bulan Rating: 5 Reviewed By: Dery